Pages

Rabu, 04 November 2015

Habitat Burung Cenderawasih Kampung Barawai Kepulauan Yapen

Habitat burung cenderawsih merupakan tempat dimana burung cenderawasih melakukan aktivitas mulai dari kawin, mencari makan, bermain, bersarang dll. Biasanya burung cenderawsih terus bermain pada pohon Ficus benjamina Hablolobus sp, Palaqium sp, Pandanus coneideus dan lain-lain.  (Rand dan Gilliand, 1967). Selanjutnya Rand dan Gilliand (1967), menyatakan bahwa burung cenderawasih (Paradisea minor) menyebar pada ketinggia 10-1500 mdpl. 

Ketinggian di atas 1500 mdpl aktivitas burung cenderawsih makin berkurang. Satu ekor burung cenderawasih mempunyai  daerah jelajah (home range) sekitar 2 km, disesuaikan dengan keadaan topografi di sekitar kawasan. Vegetasi habitat burung cenderawasih relative masih utuh. Dari hasil pengambilan data di lapangan diketahui bahwa pada habitat burung cenderawsih ditemukan kurang lebih 40 jenis pohon dari 20 famili. Dari 40 jenis tersebut 11 jenis diantanya mendominasi habitat burung cenderawasih diantaranya : Ficus septica, Intsia bijuga, Pometia pinnata, Palaqium amboinensis, Cananga odorata, Dillenia papuana, Canarium sp, Haplolobus sp, Myristica sp, Celtis sp, dan Gnetum gnemon.

Kemudian vegetasi pada tingkat lantai hutan (under story) didominasi oleh jenis paku Selainella dengan ketinggian rata-rata 1 m. Ini menunjukkan habitat yang ada masih baik dimana cahaya yang sampai menembus dasar hutan minim. Keadaan ini menyebabkan lantai hutan dalam keadaan lembab.  Spektrum life form vegetasi menunjukkan pohon yang memiliki ketinggia antara 30-40 m. Keadaan pohon tinggi seperti ini memungkinkan burungburung cenderawasih yang ada lebih merasa terproteksi (terlindungi) dari pemburu-pemburu, karena burung ini lebih menyenangi pohon-pohon yang relatif tinggi dengan percabangan kolateral seperti pada Ficus septica dan Myristica sp.
Beberapa jenis pohon menjadi ideal bagi burung cenderawsih karena pohon tersebut memiliki percabangan lateral (horizontal) dan buahnya menjadi pakan, selain itu karena burung tersebut juga termasuk omnivora, selain memakan buah juga memakan serangga, maka pohon-pohon yang biasa dihuni oleh berbagai serangga menjadi tempat yang paling disukai. Pohonpohon tersebut digunakan selain sebagai sumber pakan juga sebagai tempat kawin dan bermain.  Pada lokasi pengamatan pohon Ficus septica merupakan salah satu pohon yang sangat disenangi oleh burung cenderawasih Paradisaea minor jobiensis. Hal ini diduga karena selain pohon tersebut memiliki struktur pohon yang sangat disukai satwa tersebut dengan percabangan horizontal, rimbun juga tersedianya pakan berupa buah ficus dengan musim berbuah yang singkat dan banyak dihuni oleh berbagai jenis serangga pada lubang-lubang pohon Ficus sehingga persediaan pakan selalu tersedia setiap saat. Ficus septica selain merupakan jenis yang sangat disenangi burung cenderawasih Paradisaea minor jobiensis jenis ini juga paling dominan dilokasi pengamatan, terbukti dengan ditemukannya pada setiap plot pengamatan.
Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan ditemukan beberapa jenis pohon yang ideal dan perlu dipertahankan sebagai habitat burung cenderawsih yaitu : Ficus septica, Pimilodendro sp, Eugenis anomala, Disoxyllum sp, Aqlaia argentata, Palaqium amboinensis, Pandanus concoides, Endospermum sp, Sterculia sp, Canarium sp, dan Pometia pinnata.

Jumlah burung cenderawasih Paradisaea minor jobiensis Rotschild di Kampung Barawai diperkirakan berjumlah 118 ekor dengan komposisi jantan 30 ekor dan betina 8 ekor. Dari data tersebut dapat dilihat pula bahwa populasi betina lebih mendominasi dibanding jantan, dengan perkiraan sek ratio antara 1:3 s/d 1:5.  Seperti aves pada umumnya, burung cenderawasih Paradisaea minor jobiensis Rotschild mempunyai kebiasaan bermain, mencari makan, berkembang biak, bersarang dll. Kebiasaan ini biasa dilakukan disaat mereka kumpul dengan kelompoknya. Pada umumnya burung cenderawasih hidup secara berkelompok. Pada lokasi pengamatan diketahui bahwa setiap kelompok berkisar antara 6-10 ekor dengan komposisi 1:5 (1 jantan, 5 betina). Kegiatan bermain dan mencari makan banyak dilakukan pada pagi dan sore hari.

2 komentar:

  1. Burung Cenderawasih mpk satwa penghuni Taman Eden krn dilihat dari keindahan warna bulunya, suara yg merdu dan sangat sulit di temukan t4 bersarang... dgn demikian sangat perlu kita lestarikan,, ayo kawan2 mari kita menjaga burung cenderawasih dari perburuan dan menegur siapa sj yg dgn sengaja merusak habitatnya......salam

    BalasHapus
  2. Burung Cenderawasih mpk satwa penghuni Taman Eden krn dilihat dari keindahan warna bulunya, suara yg merdu dan sangat sulit di temukan t4 bersarang... dgn demikian sangat perlu kita lestarikan,, ayo kawan2 mari kita menjaga burung cenderawasih dari perburuan dan menegur siapa sj yg dgn sengaja merusak habitatnya......salam

    BalasHapus